Cara Lulus CPNS 2019

Calon Pegawai Negeri Sipil adalah suatu langkah bagi seseorang untuk mendapatkan gelar PNS ( Pegawai Negeri Sipil ). Banyak orang berlomba-lomba dari segala kalangan dan berbagai daerah untuk mendapatkan status sebagai CPNS ini. CPNS adalah sebuah status yang diberikan negara kepada mereka yang bekerja di bawah naungan instansi negara untuk memajukan negara dengan nilai-nilai luhur, digajih menggunakan APBN dan APBD negara.

Pada 2019 ini pemerintah akan melaksanakan perekrutan CPNS 2019 yang dilaksanakan pada setiap daerah di Indonesia. Pada waktu dekat sebelumnya penerimaan CPNS ini sudah dilakukan yaitu penerimaan CPNS tahun 2018. Walaupun tidak sebanyak penerimaan CPNS 2018 tapi boleh dikatakan penerimaan CPNS tahun 2019 ini tergolong lumayan memiliki formasi yang banyak.


latsar cpns gol III KALSEL
LATSAR CPNS GOL III ANGKATAN 23 KALSEL


Terdapat berbagai tes yang harus dilewati dan dijani sebagai seorang pelamar CPNS 2019 agar diterima menjadi seorang ASN ( Aparatur Sipil Negara ). Yang paling umum adalah tes SKD kemudian jika lulus akan dilanjutkan dengan tes SKB. SKD sendiri terbagi menjadi 3 Topik soal, diantaranya adalah TIU yang berisikan logika, matematika, dan penalaran. TWK yaitu mengenai wawasan kebangsaan seperti 4 pilar negara, ataupun kadang-kadang topik-topik politik yang lagi hangat sekarang ini. dan yang terakhir adalah TKP yaitu mengenai kepribadian seseorang, di dalam TKP sendiri tidak ada jawaban yang salah melainkan ada jawaban yang paling bagus ,bagus dan ada jawaban yang kurang bagus.

Sedangkan pada Tes SKB kita akan disuguhkan dengan soal-soal yang menyangkut dengan formasi apa yang kita lamar untuk menjadi CPNS 2019. Misalkan yang sudah saya alami (kebetulan penulis juga sudah pernah ikut tes CPNS 2018 dan Alhamdulillah sekarang menjadi seorang CPNS dan masih mengerjakan Aktualisasi untuk menjadi PNS seutuhnya) adalah melamar formasi Guru TIK ( Guru Komputer ) maka soal-soal yang akan keluar adalah mengenai Pedagogik 50 soal dan tentang Komputer 50 soal. Jika yang dilamar adalah formasi guru Matematika maka soal-soalnya akan menjadi 50 soal tentang Pedagogik dan 50 soal tentang Matematika itu sendiri.

Kemudian yang jadi Pertanyaan adalah bagaimana cara lulus CPNS 2019


Apakah ada Tips-tips lulus CPNS 2019


Jawabannya ada


Sesuai pengalaman penulis, ada tips-tips khusus untuk menjadi CPNS 2019, diantaranya adalah :


  1. Belajarlah, sedikit atau banyak ilmu itu akan membantu anda dalam menjawab soal CPNS 2019, pahami lah cara pengerjaan soal-soal TIU, hapalkan lah beberapa UUD yang sering dikeluarkan pada tes seperti pasal 27, 29, 31 (penulis malah Hapal semua UUD waktu itu) dan memang benar, UUD keluar saat tes. Dan perbanyaklah berfikir positif, untuk menjawab soal-soal TKP anda harus banyak-banyak membaca buku-buku mengenai kepribadian yang baik bagi seorang pekerja. Besar kemungkinan sifat-sifat yang dicari adalah sifat-sifat ANEKA ( Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi)
  2. Minta lah doa pada orang tua dan pada orang-orang yang anda temui. Penulis meyakini bahwa kelulusan yang penulis alami adalah kebanyakan dari faktor-faktor doa yang diijabah oleh Allah azza wa jalla
  3. sebelum tes beristirahalah yang cukup. Usahkan pada saat melakukan tes kita dalam keadaan yang berfikir positif, jangan menjadi beban, jangan menjadi tekanan, nikmati, sambil berdoa dalam hati
  4. Sebelum tes usahkan anda tidak lapar, tidak kebelet, dan tenang
  5. Kerjakanlah mulai dari TKP terlebih dahulu, kemudian TIU, kemudian TWK. Menurut Pengalaman penulis soal yang paling banyak membuang waktu adalah TKP dan TIU. soal-soal TKP adalah soal-soal cerita yang mana kita harus menemukan makna pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda yang panjang-panjang juga. Penulis mengalami perulangan untuk membaca soal dan memahami soal-soal TKP hampir di setiap soal, ada yang 2x bahkan 4x. salah satu triknya adalah mengerjakan di awal agar konsentrasi kita masih penuh sehingga cukup membaca 1x soal TKP ini dapat kita pahami. begitupun juga TIU, ada beberapa soal cerita yang membuat kita harus berlogika keras untuk menemukan jawaban dari cerita tersebut. dan yang terakhir adalah TWK, kebaykan mengenai Implementasi Pancasila, UUD. beberapa soal memang merupakan sebuah pertanyaan yang mana anda harus mengingat UUD dan butir-butir pancasila
  6. jika anda lulus SKD maka anda akan dihadapkan pada Tes ke 2 yaitu SKB, sebaiknya anda membuka kembali buku kuliah anda, dan mulai membaca, memahami, dan mengingat semua pelajaran yang sudah anda lalui di kuliah, karena soal-soal yang keluar adalah soal-soal mengenai formasi anda yang anda pilih. Dan ingat, jangan lupa untuk Bedoa dan meminta doa

Nah kira-kira itu beberap tips yang penulis dapat sampaikan, tentu masih ada tips-tips lain mengenai CPNS 2019 ini. Mungkin di lain waktu penulis akan menuliskannya lagi. sekali lagi penulis katakan "Berdoalah dan mintalah Doa pada orang tua dan teman-teman anda" ! selamat Berjuang !

Baca juga 10 Tips Sehat yang mudah dijalani

Post a Comment

2 Comments

  1. Mantap jaya...semoga bisa mengikuti jejaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiinnnn... semoga penulis juga bisa mengikuti jejak pak Nabiel sbgai blogger Profesional

      Delete